RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Tata
Boga / PKK
Kelas / Semester : VII
/ Gasal
Alokasi Waktu : 6 x
40 ( 3 kali pertemuan )
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan pentingnya gizi untuk kesehatan, fungsi gizi.
A. Indikator
1.
Indikator Kognitif
1.1. Proses
o Menjelaskan pengertian empat sehat lima sempurna.
o Menyusun hidangan empat sehat lima sempurna.
o Menjelaskan bahan makanan sumber zat tenaga.
o Menjelaskan contoh bahan makanan sumber zat pelindung.
o Menjelaskan contoh bahan makanan sumber zat pembangun.
1.2. Produk
o Mencatat pengertian empat sehat lima sempurna.
o Merangkum hidangan empat sehat lima sempurna.
o Mendiskusikakn bahan makanan sumber zat tenaga.
o Mendiskusikakn contoh bahan makanan sumber zat pelindung.
o Mendiskusikakn bahan makanan sumber zat pembangun.
2. Indikator Psikomotor
o Siswa tegas mengemukakan pendapatnya didepan kelas
o Siswa tegas mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas
3. Indikator Afektif
3.1. Menunjukan perilaku berkarakter meliputi :
o Siap mengemukakan ide dan pendapat dalam kelompok
o Menghargai pendapat teman dalam kelompok
o Bekerjasama dengan teman dalam kelompok.
3.2. Menunjukan perilaku sosial meliputi :
o Dapat dipercaya dalam berpendapat.
o Menghormati keputusan orang lain.
o Saling menghargai orang lain.
B. Tujuan Pembelajaran
1.
Tujuan Kognitif
1.1. Proses
o Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan pengertian empat sehat
lima sempurna.
o Melalui diskusi siswa menyusun hidangan empat sehat lima sempurna.
o Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan bahan makanan sumber zat
tenaga.
o Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan contoh bahan makanan sumber
zat pelindung.
o Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan bahan makanan sumber zat pembangun.
1.2. Produk
o Melalui tanya jawab siswa mencatat pengertian menu empat sehat lima
sempurna.
o Melalui tanya jawab siswa merangkum susunan empat sehat lima
sempurna.
o Melalui diskusi siswa dapat mendiskusikan bahan makanan sumberzat
tenaga.
o Melalui diskusi siswa dapat mendiskusikan bahan makanan sumberzat
pelindung.
o Melalui diskusi siswa dapat mendiskusikan bahan makanan sumberzat
pembangun.
2. Tujuan Psikomotor
o Melalui diskusi siswa berani mengemukakan ide dan pendapat dalam
kelompok.
o Melalui diskusi siswa berani mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya didepan kelas
3. Tujuan Afektif
3.1. Menunjukan perilaku berkarakter meliputi :
o Melalui diskusi siswa berani mengemukakan ide dan pendapat dalam
kelompok
o Melalui diskusi siswa menghargai pendapat teman dalam kelompok
o Melalui diskusi siswa dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok
3.2.
Menunjukan perilaku sosial
meliputi :
o Melalui diskusi siswa dapat dipercaya dalam berpendapat.
o Melalui diskusi siswa dapat menghormati pendapat orang lain
o Melalui diskusi siswa dapat menghargai orang lain
C. Materi Ajar
1.
Pengertian empat sehat lima
sempurna
2.
Menyusun hidangan empat sehat
lima sempurna.
3.
Contoh makanan sumber zat
tenaga.
4.
Contoh makanan sumber zat
pelindung.
5.
Bahan makanan sumber zat
pembangun.
D. Pendekatan dan metode pembelajaran
1.
Pendekatan : Contectual
2.
Metode : Tanya jawab,
Diskusi
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan Awal (5 menit)
1)
Apersepsi : memberi salam,
mengabsen siswa, menyampaikan tujuan dari proses KBM
2)
Motivasi : Memberikan semangat kepada
siswa tentang pentingnya menu empat sehat lima sempurna.
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
1)
Eksplorasi (15 menit)
·
Guru menjelaskan pengertian
Empat Sehat Lima SEmpurna.
2)
Elaborasi (45 menit)
·
Guru menerangkan satu persatu contoh
menu empat sehat lima sempurna.
·
Guru melakukan tanya jawab atau
diskusi dengan siswa tentang bahan makanan sumber zat tenaga.
·
Guru menyimak atau memberikan
contoh – contoh lain tentang menu Empat Sehat Lima Sempurna.
·
Guru dan siswa menyimpulkan
hasil tanya jawab.
3)
Konfirmasi (10 menit)
·
Menarik simpulan dari hasil
tanya jawab dengan siswa.
·
Menegaskan dan menguatkan
konsep tentang menyusun Menu Empat Sehat Lima Sempurna.
2.
Pertemuan ke Dua
a.
Kegiatan Awal (5 menit)
1)
Apersepsi : memberi salam,
mengabsen siswa, menyampaikan tujuan dari proses KBM
2)
Motivasi : Memberikan semangat pada
siswa tentang pentingnya Menu Empat Sehat Lima Sempurna.
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
3)
Eksplorasi (15 menit)
·
Guru menjelaskan bahan makanan sumber
zat tenaga dan pelindung.
·
Guru melakukan tanya jawab
dengan memanfaatkan buku Tata Boga dan LKS kelas 7 dan pengalaman / pengetahuan
siswa.
4)
Elaborasi (45 menit)
·
Guru membagi siswa dalam
kelompok – kelompok dengnan jumlah masing – masing kelompok 4 orang.
·
Guru menentukan tim ahli dari
masing – masing kelompok.
·
Masing – masing tim diberikan
materi yang sama.
·
Tiap – tiap tim menyampaikan
materi yang telah dikerjakan.
·
Tiap – tiap anggota menyimak
apa yang disampaikan oleh tim ahli.
·
Tim ahli bergantian
menyampaikan hasil kerja kelompoknya.
5)
Konfirmasi (10 menit)
·
Memberikan simpulan dari materi.
·
Menegaskan konsep tentang
contoh – contoh menu makanan sumber zat pelindung.
3.
Pertemuan ke Tiga
a.
Kegiatan Awal (5 menit)
1)
Apersepsi : memberi salam,
mengabsen siswa, menyampaikan tujuan dari proses KBM
2)
Motivasi : Memberikan semangat kepada
siswa tentang pentingnya menyusun menu empat sehat lima sempurna.
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
1.
Eksplorasi (15 menit)
·
Guru menjelaskan bahan makanan
sumber zat pembangun.
2.
Elaborasi (45 menit)
·
Guru bertanya jawab kepada
siswa contoh – contoh dari bahan makanan sumber zat pembangun.
·
Guru membagi siswa dalam
kelompok masing – masing 4 orang.
·
Guru menentukan tim ahli dari
masing – masing kelompok.
·
Masing – masing kelompok diberi
materi semua.
·
Tiap – tiap tim menyampaikan
hasil kerja kelompok.
·
Kelompok lain menyimak.
3.
Konfirmasi (10 menit)
·
Memberi simpulan dari materi.
c.
Kegiatan Akhir
·
Mengulang kembali simpulan materi
yang telah diajarkan.
·
Memberi salam.
F. Alat / Bahan / Sumber Belajar
·
Buku Tata Boga kelas VII,
Penerbit CV Gema Nusa, Penulis Agus Wasista dkk tahun 2009.
·
Sumber belajar lain yang
relevan, LKS, Buku Ketrampilan Memasak.
G. Penilaian
a)
Prosedur :
1)
Penilaian proses : Pada
saat pelaksanaan kerja kelompok
2)
Penilaian hasil : Hasil
diskusi kelompok siswa
b)
Jenis penilaian : tes tertulis dan unjuk kerja
c)
Bentuk Penilaian : Essay
d)
Kisi – kisi soal , kunci jawaban.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
||
Kerjasama
|
Kekompakan
|
Gagasan
|
||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Amat Baik : 4
Baik : 3
Cukup : 2
Kurang : 1
Ajibarang, …………………… 2012
Mengetahui :
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
ddddddddddddddddd
BAHAN AJAR
GIZI,
EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA
I. Standar Kompetensi
Mengkomunikasikan, menciptakan / pengetahuan tentang bahan makanan.
II. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan gizi untuk kesehatan, fungsi gizi.
III. Indikator Pembelajaran
1.
Indikator Kognitif
1.1.Proses
o Menjelaskan pengertian Empat Sehat lima Sempurna.
o Menyusun hidangan Empat Sehat lima Sempurna.
o Menjelaskan bahan makanan sumber zat tenaga.
o Menjelaskan contoh bahan makanan sumber zat pelindung.
o Menjelaskan bahan makanan sumber zat pembangun.
1.2. Produk
o Mencatat pengertian empat sehat lima sempurna.
o Merangkum hidangan empat sehat lima sempurna.
o Mendiskusikan bahan makanan sumber zat tenaga.
o Mendiskusikan contoh bahan makanan sumber zat pelindung.
o Mendiskusikan bahan makanan sumber zat pembangun.
2. Indikator Psikomotor
o Siswa siap mengungkapkan pendapatnya didepan kelas
o Siswa siap mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas.
3. Indikator Afektif
3.1. Menunjukan perilaku berkarakter meliputi :
o Berani mengungkapkan ide dan pendapatnya dalam kelompok.
o Menghargai pendapat teman dalam kelompok.
o Bekerjasama dengan teman dalam kelompok.
3.2. Menunjukan keterampilan sosial meliputi :
o Dapat dipercaya dalam berpendapat
o Menghormati pendapat orang lain
o Saling menghargai orang lain
IV. Tujuan Pembelajaran
1.
Tujuan Kognitif
1.1.Proses
o
Melalui tanya jawab siswa dapat
menyebutkan pengertian Empat Sehat Lima Sempurna.
o
Melalui tanya jawab siswa dapat
menguraikan hidangan Empat Sehat Lima Sempurna.
o
Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan
bahan makanan sumber zat tenaga.
o
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan contoh bahan makanan sumber zat pelindung.
o
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan bahan makanan sumber zat pembangun.
1.2. Produk
o Melaui tanya jawab siswa mencatat pengertian Menu Empat Sehat lima
Sempurna.
o Melaui tanya jawab siswa merangkum susunan Menu Empat Sehat lima
Sempurna.
o Melalui diskusi siswa mendiskusikan bahan makanan sumber zat tenaga.
o Melalui diskusi siswa mendiskusikan contoh bahan makanan sumber zat
pelindung.
o
Melalui diskusi siswa
mendiskusikan bahan makanan sumber zat pembangun.
2. Tujuan Psikomotor
o Melalui diskusi siswa siap mengungkapkan pendapatnya didepan kelas.
o Melalui diskusi siswa siap mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
didepan kelas.
3. Tujuan Afektif
3.1. Menunjukan perilaku berkarakter meliputi :
o
Melalui diskusi siswa siap
mengungkapkan ide dan pendapat dalam kelompok.
o
Melalui diskusi siswa menghargai
pendapat teman dalam kelompok
o
Melalui diskusi siswa bekerjasama
dengan teman dalam kelompok
3.2. Menunjukan keterampilan sosial meliputi :
o
Melalui diskusi siswa dapat
dipercaya dalam berpendapat
o
Melalui diskusi siswa dapat menghormati
pendapat orang lain
o
Melalui diskusi siswa dapat
menghargai pendapat orang lain
V. Petunjuk Kerja
1.
Pelajari dengan baik bagian per
bagian dari bahan ajar tersebut.
2.
Mantapkan pemahaman dengan
soal-soal dan diskusi.
VI. Rangkuman
1.
Empat Sehat Lima Sempurna
Adalah susunan makanan sehari – hari
yang didalamnya mengandung makanan pokok, lauk – pauk, sayur – sayuran, buah –
buahan dan susu sehingga tubuh terpenuhi akan ketiga macam zat gizi yang dibutuhkan.
2.
Menyusun hidangan Empat Sehat
Lima Sempurna.
Contoh Menu Empat Sehat Lima Sempurna :
a. Nasi putih
Sayur tumis kangkung
Ayam goreng–tempe goreng
Sambal dan lalap
Pepaya
Minum susu
|
b. Nasi putih
Sayur asem, Sambal Tomat
Empal goreng–Peyek goreng
Sambal dan lalap
Pisang
Minum susu
|
c. Nasi putih
Urap daun singkong
Ikan Asin,Telur Dadar
Kerupuk Udang
Nanas
Minum susu
|
3.
Bahan makanan sumber zat tenaga
®
Misal Karbohidrat, lemak dan
protein atau penggantinya misal : beras, kentang, ketan, ubi jalar, singkong,
gandum dan jagung.
4.
Bahan makanan sumber zat
pelindung
®
Vitamin adalah sumber zat
pelindung, terutama dihasilkan dari sayuran dan buah – buahan.
5.
Bahan Makanan sumber zat
pembangun
®
Yaitu : daging, ikan, telur,
hati, tahu, tempe, kacang – kacangan, kedelai.
VII. Pembahasan Materi
Menu / Empat
Sehat Lima Sempurna
1.
Pengertian Empat Sehat Lima
Sempurna
Empat Sehat Lima Sempurna adalah
susunan hidangan sehari – hari yang didalamnya mengandung makanan pokok, lauk –
pauk, sayur – sayuran, buah – buahan dan susu sehingga tubuh terpenuhi akan
ketiga macam zat gizi yang dibutuhkan. Dalam ilmu gizi makanan yang memenuhi
syarat gizi disebut Empat Sehat Lima Sempurna yaitu terpenuhinya tubuh kita
akan zat tenaga, zat pembangun, zat pelindung / zat pengatur tubuh.
2.
Susunan bahan makanan Empat
Sehat Lima Sempurna
Contoh Menu Empat Sehat Lima Sempurna
a.
Nasi putih
Sayur tumis kangkung
Ayam goreng–tempe goreng
Sambal dan lalap
Pepaya
Minum susu
|
d.
Nasi putih
Sayur sop daging
Tempe / Tahu goreng
Sambal bajak
Sawo
Minum susu
|
b.
Nasi putih
Sayur Asem, Sambal Tomat
Empal goreng–Peyek goreng
Pisang
Minum susu
|
e.
Nasi putih
Tahu Goreng
Urak - arik Sayuran
Piasang
Minum susu
|
c.
Nasi putih
Urap Daun Singkong
Ikan Asin, Telur Dadar
Nanas / Jeruk
Minum susu
|
f.
Nasi putih
Pepes Peda
Sayur Asem
Semangka
Minum susu
|
3.
Bahan makanan sumber zat tenaga
®
Bahan makanan sumber zat tenaga
merupakan bahan makanan prioritas utama dan sering dimakan dalam porsi besar.
Bahan makanan ini mengandung vitamin B dan sebagai sumber tenaga dalam
melakukan bermacam – macam kegiatan sehari – hari. Yang termasuk bahan makanan
sumber zat tenaga adalah beras, jagung, kentang, ketan, ubi jalar, singkong,
gandum dan lain – lain.
4.
Bahan makanan sumber zat
pelindung.
®
Makanan ini berfungsi
mempertahankan tubuh agar tetap berada dalam keadaan sehat atau mempertahankan
tubuh dari serangan penyakit. Zat pelindung terdiri atas bermacam – macam
vitamin, garam – garaman / mineral yang terkandung dalam sayur – sayuran
ataupun buah – buahan.
®
Yang berasal dari tumbuhan :
wortel, tomat, bayam, daun singkong, terung, buncis, kolt, dan sebagainya.
®
Yang berasal dari buah – buahan
: pepaya, nanas, pisang, mangga, rambutan, nangka, jeruk dan lain – lain.
5.
Bahan makanan sumber zat
pembangun
®
Bahan makanan sumber zat
pembangun berguna untuk pertumbuhan badan, mengganti sel yang rusak atau aus.
®
Bahan makanan sumber zat
pembangun banyak macamnya dan biasanya banyak mengandung protein.
®
Protein terdapat dalam lauk –
pauk yang berasal dari tumbuhan atau hewan misalnya tempe, tahu, kacang tanah,
kacang hijau, kedelai, ikan asin, ikan segar, telur, daging ayam, daging sapi,
hati, susu dan sebagainya.
Belum ada tanggapan untuk "RPP 4 sehat 5 sempurna"
Posting Komentar