YAYASAN
PEMBINA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PGRI JAWA TENGAH (YPLP-DM PGRI JT) KABUPATEN BANYUMAS
SMP PGRI 2 AJIBARANG
Alamat.
Desa Jingkang – Kecamatan Ajibarang * 53163
KISI-KISI SOAL
UJIAN AKHIR SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Satuan
pendidikan : SMP PGRI 2 Ajibarang
Tahun
Ajaran : 2015 / 2016
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan
Alokasi Waktu : 90 Menit
Kelas / Semester : IX (Sembilan)
Bentuk Soal : Pilihan Ganda dan Uraian
No
|
STANDAR KOMPETENSI
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Jml Soal
|
Indikator
|
Bentuk soal
|
Jenis Soal
|
No.Soal
|
1.
|
Mempraktikkan
berbagai Teknik dasar permaianan dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
|
-
Mempraktikkan variasi dan kombinasi Teknik dasar salah satu permaianan dan olahraga beregu bola besar
lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,toleransi,percaya
diri,menghargai lawan,bersedia berbagi tempat dan peralatan.
-
Mempraktikkan variasi dan kombinasi Teknik
dasar salah satu permaianan dan
olahraga beregu bola kecil lanjutan
dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,toleransi,percaya
diri,menghargai lawan,bersedia berbagi tempat dan peralatan
Dapat menentukan jumlah
pemain yang bertugas sebagai smasher dalam sebuah pola penyerangan.
|
Sepak bola
Bola basket
Bola voli
Bulu tangkis
Tenis meja
|
5
3
4
3
3
|
- Dapat menentukan nama-nama pemain sepak bola
dalam sebuah pola penyerangan.
- Disajikan pernyataan urutan gerakan teknik
menghentikan bola, dapat menentukan
nama teknik menghentikan bola tersebut dengan benar.
- Disajikan ilustrasi kejadian dalam
permaianan sepak bola, dapat
menentukan jenis hukuman yang diberikan oleh seorang wasit.
- Disajikan gambar teknik menggiring
bola, dapat menentukan teknik
menggiring bola dengan benar.
- Dapat menentukan nama ketua PSSI.
- Disajikan urutan gerakan teknik melempar
bola atau umpan, dapat menentukan nama teknik melempar atau
umpan tersebut dengan dengan benar.
- Dapat menentukan nama pola pertahanan dalam
bola basket.
- Dapat menentukan nama teknik cara memasukan
bola ke ring dengan benar.
- Dapat menentukan jumlah
pemain yang bertugas sebagai smasher dalam sebuah pola penyerangan.
- Disajikan gambar teknik
bola voli, dapat menentukan nama
satu teknik dasar bermain bola voli.
- Disajikan empat nama pemain dalam permainan bola voli, dapat menentukan nama pemain dengan tugas
tertentu dengan benar.
- Dapat menggambar lapangan bola voli beserta
ukuran- ukurannya.
- Dapat menentukan nomor permaianan bulu
tangkis dengan benar.
- Disajikan nama-nama
kejuaaraan olahraga, dapat menentukan
nama kejuaraan bulutangkis beregu putra.
- Disajikan urutan gerakan
teknik bulutangkis, dapat
menentukan teknik pukulan dalam
bulutangkis dengan benar.
- Dapat menentukan nama
induk organisasi tenis meja Nasional.
- Disajiaka urutan gerakan
teknik pukulan dalam tenis meja, dapat
menentukan nama jenis pukulan tersebut dengan benar.
- Dapat menggambarkan bagan pertandingan dengan sistim gugur.
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
|
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Essay
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Essay
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
1
12
13
14
15
16
2
|
2
|
Mempraktikkan
berbagai Teknik dasar permaianan dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
|
-
Mempraktikkan variasi dan kombinasi Teknik dasar atletik lanjutan serta nilai toleransi,percaya
diri,keberanian,menjaga keselamatan diri dan orang lain,bersedia berbagi
tempat dan peralatan.
|
Lari jarak
pendek
Lempar lembing
Lempar cakram
Tolak peluru
Lompat jauh
Lompat tinggi
Lari estafet
|
2
1
1
2
2
1
1
|
- Dapat menentukan nomor lari yang cara startnya
menggunakan start jongkok.
- Disajikan nama- nama
petugas dalam perlombaan lari, dapat
menentukan pembagian tugas tersebut dengan benar.
- Disajikan gambar cara
memegang lembing, dapat menentukan nama
pegangan lembing dengan benar.
- Dapat menentukan arah putaran cakram yang menguntungkan
dalam lempar cakram.
- Disajikan 4 ukuran
berat, dapat menentukan berat cakram
yang digunakan untuk atlet putri.
- Disajikan gambar teknik tolak peluru, dapat menentukan nama gaya tolak peluru
dengan benar.
- Dapat nenentukan kaki yang digunakan untuk
tolakan dalam lompat jauh.
- Disajikan gambar teknik
gaya lompat jauh, dapat menentukan
gaya lompat jauh dengan benar.
- Disajikan pernyataan teknik lompat
tinggi, dapat menentukan nama gaya
dalam lompat tinggi dengan benar.
- Dapat menentukan penempatan pelari estafet sesuai
dengan kemampuannya dengan benar.
-
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
|
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
Pg
|
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
|
3.
|
Mempraktikkan
berbagai Teknik dasar permaianan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya.
|
-
Mempraktikkan variasi dan kombinasi Teknik dasar salah satu permainan dan
olahgara bela diri lanjutan dengan
konsisten serta nilai
keberanian,kejujuran ,menghormati lawan,dan percaya diri.
|
-
Pencak silat
|
2
|
- Disajikan pernyataan teknik
tendangan pencak silat, dapat
menentukan nama tendangan dengan benar.
- Dapat menentukan hal yang menjadi dasar tingkatan kelas pada
pertandingan pencak silat.
|
Tertulis
Tertulis
|
Pg
Pg
|
27
28
|
4.
|
Mempraktikkan jenis latihan beban dengan alat sederhana
untuk meningkatkan kebugaran dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya.
|
Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan
kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan
alat sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin dan percaya
diri.
|
Kebugaran
jasmani
|
5
|
- Disajikan urutan gerakan latihan kekuatan
dan daya tahan, dapat menentukan nama
latihan kekuatan dan daya tahan tersebut dengan benar.
- Disajikan gambar latihan kekuatan dan daya
tahan, dapat menentukan nama latihan
kekuatan dan daya tahan dengan benar.
- Disajikan ilustrasi
gerakan- gerakan latihan kebugaran jasmani,
dapat menentukan jenis latihan kebugaran dengan benar.
- Disajiakan pernyataan tentang gerakan
latihan kekuatan dan daya tahan, dapat
menentukan otot yang dilatih dengan benar.
- Dapat menjelaskan urutan gerakan latiha
kelincahan dengan bentuk latihan jongkok berdiri / squat trust.
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
|
Pg
Pg
Pg
Pg
Essay
|
29
30
31
32
3
|
5.
|
Mempraktikkan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan
yang benar dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya.
|
-
Mempraktikkan beberapa rangkaian senam
lantai, serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika.
|
Senam lantai
|
4
|
- Disajikan gambar teknik
gerakan senam lantai, dapat menentukan
nama gerakan senam lantai dengan benar.
- Dapat menentukan posisi kedua kaki yang
benar pada gerakan sikap lilin.
- Disajikan pernyataan
gerakan awal guling depan, dapat
menentukan bagian badan yang menyentuh
matras setelah telapak tangan menumpu di matras.
- Disajikan ilustrasi
gerakan senam lantai, dapat menentukan
teknik gerakan senam lantai dengan benar,
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
|
Pg
Pg
Pg
Pg
|
33
34
35
36
|
6
|
Mempraktikkan
senam irama dan nilai- nilai yang terkandung di dalamnya.
|
-
Mempraktikkan kombinasi gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang
benar serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika.
|
Senam irama
|
2
|
- Disajiakan pernyataan alat senam
irama, dapat menentukan nama alat
tersebut dengan benar.
- Dapat menentukan bagian anggota badan yang
menyentuh matras berikutnya setelah telapak tangan pada senam lantai.
|
Tertulis
Tertulis
|
Pg
Pg
|
37
38
|
7
|
Mempraktikkan
kecakapan teknik dasar gaya renang dan nilai- nilai yang terkandung di
dalamnya.
|
-
Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur, gerakkan kaki, lengan dan
pernapasan renang gaya bebas dalam jarak tertentu serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan.
|
- Renang
|
3
|
-. Dapat menentukan teknik gerakan
kaki pada cabang olahraga renang.
- Dapat menentukan teknik posisi badan pada
cabang olahraga renang.
- Dapat menyebutkan empat gaya dalam renang
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
|
Pg
Pg
Essay
|
39
40
4
|
8
|
Menerapkan
budaya hidup sehat
|
-
Memahami berbagai penyakit menular seksual ( PMS )
|
PMS
|
2
|
- Dapat menentukan penyebab penyakit menular
seksual
- Dapat menyebutkan jenis-jenis penyakit
menular seksual.
|
Tertulis
Tertulis
|
Pg
Essay
|
41
5
|
9
|
Menerapkan budaya hidup sehat
|
Memahami cara
menghindari penyakit menular yang bersumber dari lingkungan yang tidak sehat
|
Penyakit
menular
|
2
|
- Disajikan cara-cara
pencegahan penyakit menular yang bersumber dari lingkungan yang tidak
sehat, dapat menentukan nama penyakit
menular tersebut dengan benar.
- Dapat menentukan gejala penyakit menular
yang berhubungan dengan kebersihan diri atau badan
|
Tertulis
Tertulis
|
Pg
Pg
|
42
43
|
10
|
Mempraktikan
dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
Mempraktikkan
rencana kegiatan penjelajahan
|
Penjelajahan
|
1
|
- Dapat menentukan syarat-syarat dalam memilih
bekal atau makanan dalam kegiatan penjelajahan.
|
Tertulis
|
Pg
|
44
|
11
|
Menerapkan budaya hidup sehat
|
Mempraktikan
identifikasi bahaya bencana alam.
|
Bencana alam
|
2
|
- Disajikan empat data nama
bencana alam, pesrta didik dapat menentukan bencana alam yang di sebabkan sebagian
besar karena faktor ulah manusia,
|
Tertulis
|
Pg
|
45
|
Ajibarang, 15 Februari 2016
Mengetahui, Penyusun,
Kepala Sekolah Guru Penjas Orkes
Bayuda
Ardiyanto, S.Pd Cipto
Waluyo, S.AP
NIP. - - -
Mengesahkan,
Pengawas
Sekolah
Drs H.Supriyadi, MM
NIP. 19570412
197903 1 010
Belum ada tanggapan untuk "Kisi kisi Ujian Sekolah Penjaskes"
Posting Komentar